Metode Penilaian Kinerja Saham

09 June 2014.

Dalam ilmu Matematika ada beberapa metode yang dapat digunakan untuk menilai kinerja terhadap saham. Secara umum ada tiga metode yang digunakan untuk melakukan penilaian terhadap kinerja saham, yaitu The Sharpe Index, The Treynor Index dan The Jansen Index.

1. The Sharpe Index. The Sharpe Index atau metode Sharpe melakukan penilaian/ pengukuran kinerja dengan cara membandingkan antara premi risiko dengan risiko yang dinyatakan dengan standar deviasi (standard deviation). Premi risiko (risk premium) adalah selisih rerata tingkat keuntungan dengan rerata tingkat bunga bebas risiko (risk free asset).
2. The Treynor Index. Penilaian kinerja dengan metode Treynor juga didasarkan atas risk premium, namun digunakan pembagi beta (β) yang merupakan risiko sistematis atau risiko pasar.
3. The Jansen Index. Penilaian dengan metode Jansen adalah menilai kinerja manager investasi berdasarkan atas seberapa manager investasi tersebut mampu memberikan kinerja diatas kinerja pasar sesuai risiko yang dimilikinya.

Seputar Saham

Sekilas Jakarta Islamic Index (JII)

Sejarah Pasar Modal Syariah di Indonesia dimulai dengan diterbitkannya Reksa Dana Syariah ...

Pengumuman Bursa Efek Indonesia (BEI) Tentang perubahan komposisi saham JII periode Juni 2018 – November 2018

Berdasarkan pengumuman No. Peng-00382/BEI.OPP/05-2018 tentang Perubahan Komposisi Saham da...
Advertisement
Have question? Here